Apa itu Metropolitan? Mana Saja Kawasan yang Termasuk Metropolitan?

Posted by Bryant MarHar on Agustus 28, 2023 with No comments

    Metropolitan merupakan kawasan yang terdiri dari kota besar beserta daerah pinggiran. Daerah pinggiran tersebut bisa berupa kota satelit yang secara sosial dan ekonominya terkait dengan kota tersebut. Metropolitan terdiri dari pemukiman, kawasan industri, kawasan komersial, jaringan transportasi, dan infrastruktur. Biasanya, kawasan metropolitan merupakan kawasan yang penting dari suatu daerah/wilayah, karena biasanya, pusat ekonomi dan pusat pemerintahan berada di dalamnya.

Beberapa kawasan metropolitan di Indonesia antara lain

  1. Wilayah Metropolitan Jabodetabek ; terdiri dari 10 kota dan 5 kabupaten di 3 provinsi, yaitu Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Utara, Kota Jakarta Selatan, Kota Jakarta Barat, Kota Jakarta Timut, dan Kabupaten Kepulauan Seribu di Provinsi DKI Jakarta, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Cianjur di Provinsi Jawa Barat, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang di Provinsi Banten. Kota utama di metropolitan ini adalah Kota Jakarta.
  2. Wilayah Metropolitan Gerbangkertosusila ; terdiri dari 3 kota dan 6 kabupaten di Provinsi Jawa Timur, yaitu Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Bangkalan. Kota utama di metropolitan ini adalah Kota Surabaya.
  3. Wilayah Metropolitan Mebidangro ; terdiri dari 3 kota dan 4 kabupaten di Provinsi Sumatra Utara, yaitu Kota Medan, Kota Binjai, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Karo, Kabupaten Langkat, dan Kabupaten Serdang Bedagai. Kota utama di metropolitan ini adalah Kota Medan.
  4. Wilayah Metropolitan Cekungan Bandung ; terdiri dari 2 kota dan 3 kabupaten di Provinsi Jawa Barat, yaitu Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang. Kota utama di metropolitan ini adalah Kota Bandung.
  5. Wilayah Metropolitan Mamminasata ; terdiri dari 1 kota dan 3 kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa, dan Kabupaten Takalar. Kota utama di metropolitan ini adalah Kota Makassar.